Sabtu, 03 Maret 2012

http://www.perkembangananak.com/2012/02/ayah-menyempurnakan-kesuksesan-anak/

Ayah Penyempurna Kesuksesan Anak

Di dalam sebuah keluarga, sosok ayah biasanya lebih ditakuti oleh anak dibandingkan sosok ibu. Walaupun pada kenyataannya seringkali ibu tampak lebih galak dan cerewet dibandingkan dengan ayah, namun anak tetap saja merasa lebih takut pada ayah.



Ilustrasi: www.123rf.com

Timbulnya perasaan takut pada ayah seringkali dikesankan oleh orang disekitarnya bahwa ayah akan marah atau mungkin mukul kalau anak tidak nurut atau nakal. Oleh karena itulah, banyak anak yang akan merasa ketakutan apabila perilaku buruknya dilaporkan kepada sang ayah.

Sebagai orang dewasa, perlu kita sadari bahwa memengaruhi anak supaya takut pada sang ayah adalah tindakan yang kurang bijaksana. Hal tersebut dapat merusak ikatan batin antara anak dengan ayah. Anak akan menjauh dan tidak mau dekat dengan ayahnya, padahal untuk menjadi orang yang sukses, seorang anak bukan saja memerlukan peran dan figur dari ibu saja, tetapi juga dari ayah.



Banyak hal dapat memengaruhi kesuksesan anak yang berasal dari peran ayah. Misalnya, dalam membangun jiwa kepemimpinannya, sikap disiplin, tegas, dan tanggung jawab. Semua itu umumnya berasal dari karakter sang ayah.

Oleh sebab itu, agar kesan negatif ayah seperti di atas tidak terus melekat di benak anak, ayah perlu melakukan beberapa pendekatan positif kepada anak, diantaranya adalah dengan cara selalu menjaga komunikasi, menjadi sahabat, menghargai pendapat anak, memenuhi kebutuhan anak, dan bermain bersama anak (dr. Maya & Wido, 2006).

Ayah yang selalu melakukan tindakan positif terhadap anak, seperti memperhatikan, memberikan apa yang dibutuhkan anak, meluangkan waktu untuk bermain bersama anak, dan menghargai pendapat anak, akan mampu membuat diri anak mencintai sosok ayah. Ia akan menjadikan sosok ayah sebagai idola dan teladan dalam hidupnya. Dengan demikian, sikap positif yang ada pada diri ayah tanpa sadar akan tertular pada anak. Ia akan menjadi orang yang sukses, bijaksana dan dapat mengharagai orang lain. (yer).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar